#Tes Kompetensi Manajerial
1. Anda bersama rekan kerja telah berhasil menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Untuk merayakan keberhasilan tersebut, rekan kerja Anda mengajak untuk berpesta. Namun, saat itu kondisi badan Anda kurang sehat. Bagaimana sikap Anda?
a. Menerima ajakan rekan kerja Anda tersebut.
b. Meminta maaf dan segera pulang untuk beristirahat.
c. Mengikuti kegiatan tersebut sebentar, kemudian pulang lebih awal.
d. Menolak ajakan tersebut dan pulang ke rumah.
e. Mengikuti kegiatan tersebut sebentar, kemudian meminta izin untuk pulang lebih awal.
2. Anda adalah seorang kepala instansi di suatu instansi pemerintah. Ketika Anda ke kantor, tiba-tiba seorang warga masyarakat menghampiri dan mencaci maki karena pelayanan di instansi pemerintah yang Anda pimpin buruk. Bagaimana sikap Anda?
a. Berusaha tidak marah meskipun di caci maki dan tetap mendengarkan keluhannya.
b. Tetap tersenyum dan tetap mendengarkan keluhannya.
c. Menasihati warga masyarakat tersebut agar tidak boleh mencaci maki.
d. Meminta maaf dan mendengarkan keluhannya.
e. Menahan emosi dan mendengarkan keluhannya.
3. Pada saat bekerja, anda dihadapkan pada situasi yang sulit. Stakeholder anda menginginkan pelayanan cepat, alasan yang dikemukakan adalah pelayanan dari institusi anda sebagai prasyarat dari layanan berikutnya di instansi lain. Stakeholder anda mengancam apabila tidak cepat dilayani akan ditulis di media massa. Sikap anda adalah....
a. Mempercepat pelayanan tersebut, meskipun harus melangkahi beberapa prosedur layanan yang seharusnya.
b. Melapor kepada atasan.
c. Takut menghadapi situasi tersebut dan mengindari dengan cara meminta kepada pelaksana lain yang lebih senior untuk mengatasi keadaan tersebut.
d. Bersikap tenang, menjelaskan sesuai standar pelayanan yang obyektif dan menjalankan prosedur yang benar, dengan berusaha mempercepat pelayanan agar dapat lebih cepat dari standar waktu yang ada
a. Menerima ajakan rekan kerja Anda tersebut.
b. Meminta maaf dan segera pulang untuk beristirahat.
c. Mengikuti kegiatan tersebut sebentar, kemudian pulang lebih awal.
d. Menolak ajakan tersebut dan pulang ke rumah.
e. Mengikuti kegiatan tersebut sebentar, kemudian meminta izin untuk pulang lebih awal.
2. Anda adalah seorang kepala instansi di suatu instansi pemerintah. Ketika Anda ke kantor, tiba-tiba seorang warga masyarakat menghampiri dan mencaci maki karena pelayanan di instansi pemerintah yang Anda pimpin buruk. Bagaimana sikap Anda?
a. Berusaha tidak marah meskipun di caci maki dan tetap mendengarkan keluhannya.
b. Tetap tersenyum dan tetap mendengarkan keluhannya.
c. Menasihati warga masyarakat tersebut agar tidak boleh mencaci maki.
d. Meminta maaf dan mendengarkan keluhannya.
e. Menahan emosi dan mendengarkan keluhannya.
3. Pada saat bekerja, anda dihadapkan pada situasi yang sulit. Stakeholder anda menginginkan pelayanan cepat, alasan yang dikemukakan adalah pelayanan dari institusi anda sebagai prasyarat dari layanan berikutnya di instansi lain. Stakeholder anda mengancam apabila tidak cepat dilayani akan ditulis di media massa. Sikap anda adalah....
a. Mempercepat pelayanan tersebut, meskipun harus melangkahi beberapa prosedur layanan yang seharusnya.
b. Melapor kepada atasan.
c. Takut menghadapi situasi tersebut dan mengindari dengan cara meminta kepada pelaksana lain yang lebih senior untuk mengatasi keadaan tersebut.
d. Bersikap tenang, menjelaskan sesuai standar pelayanan yang obyektif dan menjalankan prosedur yang benar, dengan berusaha mempercepat pelayanan agar dapat lebih cepat dari standar waktu yang ada
Jawaban.
1. E
2. D
3. E
#Selamat belajar !!
Lama tidak menulis, malam ini menulis soal manajerial. Tidak banyak sih, hehehe lumayanlah untuk berlatih. Ceritanya dapat tantangan dari om Jay untuk menulis soal-soal berkaitan dengan P3K. Belajar sekaligus menularkan ilmu. Semoga bermanfaat.
Tambahkan jawaban soal ya
BalasHapusSiap om jay
HapusTerima kasih,sangat bermanfaat
BalasHapus